Kamis, 03 Maret 2016

Halo, apa kabarnya? Semoga semakin sehat dan semakin semangat selalu :). Pada kesempatan kali ini, saya akan sharing tentang bagaimana membuka bisnis Animasi dengan modal minim alias tanpa modal besar. Pembahasan ini saya angkat, dikarenakan ada pertanyaan yang masuk kepada saya yang intinya menanyakan: "apakah bisa untuk membuka bisnis Animasi dengan modal yang kecil (minim)?".
Pertanyaan yang sangat menarik ini diajukan oleh seorang pelajar bernama Widi yang tinggal di Medan. Saya akan menjawab pertanyaan ini. Semoga dapat memuaskan Widi dan juga para pembaca setia rubrik Animasi MedanBisnis.

Banyak orang-orang yang mengira untuk membuka bisnis Animasi butuh modal uang atau budget yang besar. Pandangan ini tidaklah tepat.
Karena jika Anda kreatif dan punya semangat tinggi, Anda bisa membuka bisnis Animasi dengan modal yang minim bahkan nyaris tanpa modal. Lho, kok bisa? Uangnya darimana? Kan gak mungkin jatuh dari langit... Ya iyalah, masa ya iya dong. Hehehe.

Ada banyak cara dan jalan yang dapat Anda lakukan. Contohnya: ketika membuka bisnis pertama saya yakni studio Animasi, modal saya bukan uang atau fresh money, melainkan saya manfaatkan modal yang ada dulu. Untuk tempat bisnis, saya pakai kamar tidur saya. Siang jadi kamar studio, malam jadi kamar tidur, beres kan... Hehehe.

Untuk peralatannya berupa komputer, kursi dan meja, saya menggunakan komputer bekas kuliah dan meja kursi yang ada di rumah. Ternyata bisa kan? Buka bisnis gak perlu modal uang yang banyak... Cukup dengan memanfaatkan barang yang ada disertai dengan semangat yang tinggi.

Contoh lainnya: ketika saya membuka bisnis kursus Animasi. Saya tidak membeli komputer yang banyak untuk memulai kursus, melainkan saya memakai komputer yang saya pakai bekas kuliah untuk dipakai juga tidak hanya mengerjakan project-project Animasi, tetapi untuk kursus Animasi bagi siswa. Ternyata bisa kan buka kursus Animasi tanpa modal besar untuk beli komputer-komputer baru? ;) Kelak setelah terkumpul modal dari keuntungan mengajar Animasi, baru dibelikan beberapa unit komputer untuk melengkapi kursus Animasinya.

Jangan menunggu punya modal besar dulu untuk memulai membuka bisnis Animasi Anda. Jangan menunda membuka bisnis Animasi karena tidak ada modal uang. Yang terpenting mulai buka dulu bisnisnya. Kecil-kecilan dulu gak apa-apa. Nanti, kan seiring waktu dan proses akan tumbuh dan berkembang menjadi besar bisnis Animasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar