Rabu, 02 Maret 2016

Bicara soal peluang usaha saat ini yang sedang menjadi trend dan fenomena baru di dunia bisnis, rasanya bisnis desain grafis bisa menjadi salah satunya. Dunia desain grafis berkembang dengan sangat cepat bahkan dalam kecepatan yang cukup mengejutkan. Ada banyak faktor yang mendorong dunia desain grafis menjadi salah satu dominasi perkembangan trend akhir-akhir ini. Selain karena pesatnya teknologi computer yang turut menunjang perkembangan dunia desain grafis secara menyeluruh, juga dengan munculnya semakin banyak tenaga pakar muda yang terus membanjiri dunia karier dan bisnis. Sejalan dengan itu usaha desain grafis juga berkembang dengan cukup signifikan dalam beberapa tahun belakangan ini. Rupanya ketika peluang kerja dan karier dalam dunia desain grafis sudah dipadati oleh lulusan desain grafis dari berbagai almamater, kini dunia usaha dan enterpreuner diwarnai oleh fenomena trend desain grafis.
Untuk memenuhi kebutuhan industri hiburan salah satu yang diperlukan adalah jasa pembuatan desain grafis digital. Keahlian ini memang sudah dimanfaatkan sejak lama tetapi seiring dengan perkembangan jaman permintaan industri hiburan sudah membutuhkan teknologi tinggi. Pasar internasional sudah lama memanfaatkan jasa perancang grafis melalui media online karena lebih cepat dan tentu saja persaingan harga sangat menguntungkan mereka. Melihat apa yang terjadi sekarang bagi anda yang memang memiliki keahlian ini perlu membuka diri agar lebih kreatif lagi dalam memasarkan jasanya tersebut agar bisa memperoleh keuntungan lebih dari biasanya.
Permintaan terhadap layanan jasa desain grafis juga seakan semakin meluas saja. Jasa ini memang demikian luas manfaatnya terutama dalam membantu proses pemasaran sebuah produk dan usaha. Bahkan sentuhan desain grafis menjadikan komunikasi bisnis berjalan dengan lebih optimal. Ini artinya di dunia usaha, muncul pasar sempurna dimana permintaan dan penawaran begitu tingginya terhadap jasa desain grafis dan segala produk terkaitnya. Dengan kondisi dunia peluang usaha saat ini yang semacam ini, hanya mereka yang kuat saja yang akan benar-benar mampu bertahan. Dan yang kemudian menjadi pertanyaan, bagaimana menjadi kuat dan mampu bertahan di dalam persaingan ketat macam ini?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini beberapa tips sukses dengan usaha desain grafis sebagai berikut ini :

  1. Jangan berhenti update
Dunia desain grafis adalah salah satu dunia yang seakan tidak berhenti untuk dinamis, terus berkembang dan terus berubah. Anda tidak boleh berhenti untu terus mengikuti perubahan ini. Baik itu tiap perubahan teknologi, software, program, sistem, hingga gaya, desain trend, dan segala hal lain yang terkait dengan dunia desain. Misalkan saja ketika Anda mendapat konsumen dengan target anak muda, maka artinya Anda harus bisa membaca fenomena dan tren yang muncul di kalangan muda dan mencoba mengangkatnya dalam desain Anda sesuai dengan konsep yang diharapkan oleh konsumen.
  1.  Selalu memahami kebutuhan konsumen
Anda bekerja untuk memuaskan konsumen Anda. Jadi jangan biarkan pemikiran Anda menguasai semua sampai Anda tidak benar-benar menghantarkan kebutuhan dan keinginan konsumen Anda dalam produk yang Anda hasilkan. Sempatkan diri Anda untuk mengetahui lebih jauh harapan dan kebutuhan konsumen Anda dan fokuskan diri Anda pada hal-hal tersebut. Produk desain grafis yang terbaik adalah yang mampu mencerminkan dengan tepat harapan dari konsumennya.

  1. Biarkan konsumen melihat kemampuan Anda
Tidak ada usaha yang bisa sukses tanpa usaha promosi yang optimal. Untuk sebuah usaha berkaitan dengan desain grafis, maka cara paling jitu dalam menarik konsumen justru dengan menunjukan bagaimana hasil kerja Anda. Biarkan pasar menilai sendiri sebaik apa kemampuan Anda dan sejauh mana kreativitas Anda bekerja. Ini lebih efektif daripada Anda berkutat dengan promosi klise yang Anda tawarkan melalui surat-surat panjang. Karena hasil dari desain grafis adalah produk visual sehingga hanya dengan memamerkan hasil karya Andalah mereka bisa memutuskan.



  1. Gunakan prestasi sebagai jalan sukses
Cara lain yang sebenarnya masih terkait dengan poin 3, yakni dengan mengikuti sebuah kompetisi desain grafis. Pastikan target Anda adalah supaya usaha Anda dikenal dan juga bila bisa memenangkan kategori. Dengan penghargaan di kantong, setidaknya Anda sudah menggubah image di pasar sebagai pelaku desain grafis yang diakui dan satu catatan di sini, penghargaan ini juga efektif memberi Anda ruang untuk memasang harga lebih tinggi untuk jasa desain Anda.
Pernah beberapa kali saya menyampaikan quote mengenai betapa sebaiknya seseorang menjalankan bisnis dari hobi dan minatnya, dan sebaiknya bisnis desain grafis ini berangkat dari minat Anda terhadap dunia ini. Dengan begitu tidak sulit untuk Anda menjalankan setiap step di atas dan mencapai sukses anda sendiri.

semoga bermanfaat.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar